29 Oktober 2010

Peuet Sague

PEUET SAGUE, P. Sumatera

Compiler : Wawan Irawan (wawan@vsi.esdm.go.id)

Editor : Mas Atje Purbawinata, Asnawir Nasution


Keterangan Umum

Nama

:

G. Puet Sague

Nama Lain

:

Puet Sagoe, Puet Sagu atau Ampat Sagi

Nama Kawah

:


Lokasi

a. Geografi

b. Administrasi

:

:

4°55,5 LU dan 96°20 BT

Kecamatan Meureudeu Selatan, Kabupaten Sigli, Propinsi Nangroe Aceh Darusallam.

Ketinggian

:

2780 m dml

Kota Terdekat

:

Sigli

Tipe Gunungapi

:

Strato

Pendahuluan

Cara Pencapaian

Puncak G. Peut Sague umumnya dicapai melalui sisi barat yaitu lewat Kampung Lutueng, Kecamatan Geumpang. Kecamatan Geumpang sendiri dapat dicapai dari Kota Banda Aceh via Sigli dan Tangse, yang berjarak lk 232 km. Hamidi, S ( 1976) berhasil mencapai puncak G. Peut Sague melalui Geumpang via Kampung Lutong dengan waktu tempuh selama 5 hari. Farisy ,S dkk dari tim Kanwil Departemen Pertambangan dan Energi, Propinsi Daerah Istimewa Aceh, pada 12 Desember 1993 juga melakukan pendakian lewat jalur yang sama dengan waktu tempuh 5 hari.

Tim terakhir yang melakukan pendakian adalah dari Direktorat Vulkanologi yang dipimpin oleh Ir. Gede Suantika . (1998), tim ini melakukan perjalanan melalui Kampung Lutung , lokasi transmigrasi SP4 dan dengan cara merintis jalan tim ini berhasil mencapai puncak selama hari atau total waktu tempuh pulang pergi selama 5 hari. Jarak Kampung Lutung ke Puncak Lutung (salah satu puncak di G. Peut Sague) adalah sekitar 20 km

SEJARAH LETUSAN


Dari beberapa tulisan terdahulu diantaranya laporan penjelajah tentara kompeni, Kemmerling (1921), Stehn (1923), Tichlman (1933) dan Neuman van Padang (1951) menulis tentang kegiatan G. Peut Sague, namun dari beberapa tulisan tersebut tidak diketahui sampai sejauh mana tingkat kegiatan gunung tersebut.

1919

25 September, tampak asap putih mengepul dari salah satu puncak sebelah barat G. Peut Sague.

1920

· Maret, dari kejauhan tampak tiang asap membumbung tinggi disertai sinar api, berasal dari kawah bagian barat dan timur.

· Mei, Patroli tentara Belanda melihat gumpalan asap yang disertai suara gemuruh dan semburan bara api.

· Desember, Dari kejauhan tampak pada bagian kawah sebelah barat dan baratlaut adanya guguran lava disertai hembusan asap, kadangkala terdengar suara ledakan.

1979

10 Pebruari, Pemerintah Daerah Tk II melaporkan bahwa G. Peut Sague mengeluarkan api dan suara gemuruh (Kompas Minggu, Maret 1979).

1998

Awal tahun, laporan dari pilot pesawat Garuda yang melalui jalur Banda Aceh – Medan menyatakan bahwa telah terjadi letusan di G. Peut Sague dengan ketinggian asap mencapai ± 3 km, dengan warna asap hitam keabuan.

GEOLOGI


GEOFISIKA


MITIGASI BENCANA GUNUNGAPI


Sistim Pemantauan

Sistim pemantauan kegiatan vulakanik G. Peut Sague mulai di dipasang pada bulan Mei 1998, alat yang dipasang terdiri dari alat pencatat getaran (gempa) yang berasal dari kegiatan gunungapi dan alat pencatat pengembangan atau pengerutan (deformasi) tubuh gunungapi. Alat pencatat getaran atau gempa ada dua sistim yaitu seismograf PS-2 Kinemetrics sistim telemetri dan seismograf VAMAP sitim pancar satelit ARGOS. Sedangkan alat pencatat deformasi ada satu yaitu tiltmeter PH36 sistim pancar satelit ARGOS. Pemasangan ketiga sensor di atas dilakukan di Puncak Tutung dengan posisi geografis berada pada 4°54’ 11” Lintang Utara dan 96°17’05” Bujur Timur . Saat ini kedua sistim pemantaun G. Peut Sague ini tidak berfungsi dikarenakan masalah teknis dan keamanan .

DAFTAR PUSTAKA


· Farisy. S , Katriatmojo S. 1994. Laporan Pemeriksaan Puncak (visual) G. Peut Sague, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie. Departemen Pertambangan dan Energi. Kantor Wilayah Propinsi Daerah Istimewa Aceh.

· Kusumadinata. K.1979. Data Dasar Gunungapi Indonesia. Direktorat Vulkanologi.

· Murdiono. M 1988. Laporan Peninjauan G. Peut Sague, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie. Departemen Pertambangan dan Energi, Kantor Wilayah Propinsi Daerah Istimewa Aceh

· Suantika G. 1999. Pengamatan Visual dan Kegempaan G. Burni Telong Serta Pemasangan Seismograf dan Deformasi Sistim Telemetri dan Argos di G. Peut Sague Tahun 1998.

· Suparman M. Farisy, S. 1998. Laporan Peninjauan G. Peut Sague, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie. Departemen Pertambangan dan Energi, Kantor Wilayah Propinsi Daerah Istimewa Aceh

· G. Peut Sague. Direktorat Vulkanologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar